Mobile Menu

navigasi

More News

Siapa yang tidak asing dengan istilah online learning?

19.06

 

 



Betul sekali, istilah online learning sudah menjadi hal yang melekat bagi pelajar maupun mahasiswa di dalam proses pembelajaran. Onlinelearning sendiri merupakan bentuk adaptasi baru yang digunakan oleh semua institusi pendidikan akibat pandemi COVID-19, meskipun sebenarnya online learning sudah ada dan digunakan oleh beberapa institusi pendidikan yang mengedepankan sistem belajar jarak jauh atau daring.

Learning management system yang saat ini banyak digunakan oleh institusi pendiidkan adalah moodle. Program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk website. Aplikasi moodle dapat memungkinkan mahasiswa untuk masuk ke dalam “ruang kelas” digital untuk mengakses berbagai materi pembelajaran. Kehadiran moodle sebagai media pembelajaran juga bisa memudahkan pengajar/dosen untuk membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik, dan fitur lainnya.

Saat ini moodle telah digunakan oleh 150.000 lebih institusi di lebih dari 160 negara di dunia sebagai media pembelajaran berbasis online. Kemudahan sistem belajar yang dibentuk melalui online learning menjadi sebuah metode pembelajaran dengan nilai plus tersendiri untuk dapat digunakan bagi mahasiswa, karena mahasiswa masih mendapatkan materi pembelajaran secara utuh dan penuh tanpa mengurangi hal-hal lainnya.

Dengan begitu, kuliah online dapat terlaksana dengan baik disertai dengan dukungan sistem e-learning yang mumpuni. Konsep sistem belajar mengajar dengan menggunakan online learning menunjukkan tidak adanya batas ruang dan waktu antara pengajar/dosen dengan mahasiswa secara utuh. Pengajar/dosen dapat memberikan materi kuliah dari mana saja dengan fleksibilitas waktu. Begitu pun sebaliknya, seorang mahasiswa dapat mengikuti kuliah dari mana saja. Bahkan proses kegiatan test ataupun kuis dapat dilakukan dengan jarak jauh, sehingga tidak membutuhkan kehadiran antara pengajar/dosen dengan mahasiswa secara luring.

Memang saat ini pelaksanaan kuliah online menjadi salah satu bentuk pembelajaran yang berlaku di institusi pendidikan mana pun, sama halnya dengan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA yang mengembangkan sistem LMS moodle yang bernama online learning UHAMKA. User baik pengajar/dosen dan mahasiswa dapat mengakses modul pembelajaran dengan mudah dan melakukan diskusi maupun kuis sesuai dengan mata kuliah yang telah diambil oleh masing-masing mahasiswa.

Di tengah situasi yang mengharuskan mahasiswa melaksanakan pembelajaran dengan sistem kuliah online, diharapkan tiap mahasiswa dapat mengoptimalkan proses perkuliahan dan belajar secara mandiri. Hal ini juga berlaku bagi calon mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022 yang akan memasuki dunia perkuliahan.

Calon mahasiswa baru diharapkan mampu memahami kuliah online sebagai bentuk adaptasi baru yang akan berlangsung selama waktu yang tidak diketahui. Bahkan hal ini bisa memungkinkan mahasiswa melaksanakan perkuliahan utama secara daring. Dengan demikian, pengajar/dosen dan mahasiswa dituntut untuk terus beradaptasi dengan sistem dan kebiasan baru dalam perkuliahan daring.

Namun UHAMKA memiliki strategi tiap tahunnya untuk terus mengupayakan sistem pembalajaran online yang lebih baik lagi agar proses perkuliahan dapat terus berjalan dengan lancar sesuai dengan kurikulum yang berlaku melalui online learning UHAMKA.

Tunggu apa lagi? Yuk gabung dengan UHAMKA dan nikmati kuliah online bersama https://onlinelearning.uhamka.ac.id/ || Info calon pendaftaran mahasiswa baru https://linktr.ee/uhamka atau https://pmb.uhamka.ac.id/

 

 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar